Guru adalah pendidik, yang menjadi tokoh, panutan, di intifikasi bagi para peserta didik, dan lingkungannya. Oleh karena itu, guru harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu, yang mencakup tanggung jawab,mandiri, dan disiplin.

Guru juga harus mampu mengambil keputusan secara mandiri (independenet), terutama dalam berbagai hal yang berkaitan dengan pembelajaran dan pembentukan kompetensi, serta bertindak sesuai dengan kondisi peserta didik, dan lingkungan. Guru harus mampu bertindak dan mengambil keputusan secara cepat, tepat waktu, dan tepat sasaran, terutama berkaitan dengan masalah pembelajaran dan peserta didik, tidak menunggu perintah atasan atau kepala sekolah.

Definisi lain menyebutkan bahwa guru adalah semua orang yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap mendidik murid-murid, baik secara individual ataupun klasikal, baik di sekolah maupun diluar sekolah. Guru sebagai pekerjaan profesi, secara holistik adalah berada pada tingkatan tertinggi dalam sistem pendidik nasional. Karena guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya memiliki otonomi yang kuat. 

::. Jumlah Guru Jenjang SD, dapat didownload pada Bid. GTK pada  " Menu Download "